Jenis-Jenis ID Card yang Umum Digunakan Orang


Ketika hendak membuat kartu nama atau ID card pastinya Anda akan diberikan pilihan jenis ID card apa yang dikehendaki.

Biasanya yang diberikan akan ada banyak pilihan, jika memang yang Anda kunjungi adalah jasa cetak besar.

Tak perlu bingung ketika memilihnya, karena sesegera mungkin Anda akan mengerti apa saja jenis ID card yang bisa ditawarkan dan karakteristiknya masing-masing.

Bicara soal kartu nama, memang biasa dibutuhkan oleh seseorang termasuk Ana sendiri. Bisa untuk memudahkan klien mengenal diri sendiri, bisa untuk berbisnis, serta tujuan-tujuan lain yang membutuhkan ID card atau kartu nama.

ID card bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi namun juga bisa digunakan dalam event. Ya, biasanya panitia-panitia dalam event akan dibekali dengan ID card supaya memudahkan komunikasi. Biasanya juga di dalam kantor atau perusahaan, karyawannya akan diberikan ID card.

Baca juga: Jenis Kertas Sertifikat yang Paling Sering Digunakan dan Cara Memprintnya

Jenis ID Card yang Perlu Diketahui


Berikut akan disebutkan beberapa jenis ID card yang umum digunakan. Perbedaannya satu sama lain bisa berupa ketebalan material, karakteristik kartu, pencetakan dan lain sebagainya.

    1. ID Card Ukuran Bebas

Mungkin sebelumnya sangat jarang atau tidak pernah Anda menjumpai ID card yang bentuknya persegi. Padahal nantinya saat mencetak ID card Anda juga akan diberikan pilihan ID card yang seperti ini.

ID card ukuran bebas memang nyata adanya, bahan yang digunakan memiliki ketebalan 0,96 mm yang mana cukup standar namun juga tebal. Kartu nama ini juga sama dengan kartu nama pada umumnya, yaitu ujungnya bisa dibuat runcing atau oval sesuai dengan keinginan pelanggan.

    2. ID Card Cetak Offset

Mesin offset biasa digunakan untuk mencetak skala atau jumlah besar. Mesin ini juga bisa digunakan untuk mencetak kartu nama. Jika kartu nama yang Anda pilih adalah ID card cetak offset maka minimal pencetakannya adalah 100 buah kartu.

ID card jenis ini biasa dipilih mereka yang membutuhkan kartu nama dalam jumlah besar. Ketebalan material biasanya 0,76 mm. Jenis ini biasa dipilih untuk mereka yang membutuhkan kartu keanggotaan atau member card.

    3. ID Card Transparan

Meskipun cukup berbeda dengan jenis ID card lain, jenis ini juga dibuat menggunakan mesin cetak yang sama, yaitu ID card oven. Hanya saja karakteristiknya nanti transparan kecuali motif, gambar, atau tulisan yang ada di atasnya.

Untuk membuat kartu nama jenis ini akan digunakan tinta yang lebih berkualitas, tinta yang sifatnya sangat tahan air. Bahan dasar pembuatnya adalah bahan standar ATM, namun jenis ini tidak bisa di emboss.

    4. ID Card KW 1

Bisa dikatakan jenis kartu nama ini adalah kartu nama yang paling bagus atau yang kualitasnya paling oke. Alasannya pun beragam, jenis ini dibuat dengan material yang sangat pas untuk skala kebutuhan kartu nama, warna yang dihasilkan pun akan sangat tajam.

Ketebalan jenis ini adalah 0,76 mm dan biasa dipesan untuk press ID. Juga dibuat dengan mesin ID card oven, jenis ini biasa ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibanding jenis lainnya.

    5. ID Card KW 2

Satu tingkat lebih rendah kualitasnya dibanding jenis sebelumnya. Pada ID card jenis KW 2 Anda akan mendapatkan kartu nama bahan ATM yang memiliki ketebalan 0,96 mm.

Kartunya lebih tebal dibanding jenis KW 1 namun kenapa dikatakan kualitasnya lebih rendah? Sebab memang idealnya ID card atau kartu nama memiliki ketebalan 0,76 mm. Meskipun kualitasnya setingkat lebih rendah dibanding KW 1, tetap saja jenis ini juga banyak yang meminati.

Bahan pembuat kartu ini sangat cocok digunakan pada menu rumah makan. Bahannya tidak bisa di emboss, sangat tebal dan pasti awet untuk mereka yang membutuhkan kartu keanggotaan aktivitas outdoor.

Kini Anda telah mengerti apa saja jenis ID card yang bisa dipilih ketika memesannya di jasa percetakan. Semuanya dibuat dari mesin ID card oven, terkecuali satu jenis yaitu ID card cetak offset. Sebab memang kartu nama jenis ini pencetakannya dilakukan dengan mesin offset.

Ingin cetak ID Card dengan harga murah di Makassar? Hubungi kami di percetakan-makassar.com. Kami adalah percetakan spesialis ID card di kota Makassar. Order kartu nama dan kartu ID di tempat kami dan dapatkan gratis jasa desain.

Comments