Jenis Kertas Sertifikat yang Paling Sering Digunakan dan Cara Memprintnya



Ada beberapa jenis kertas sertifikat saat Anda ingin mencetak sertifikat yang memiliki karakteristik berbeda. Antara satu dengan lainnya bisa saja Memiliki proses pencetakan atau print yang berbeda.

Sebab memang antara satu jenis kertas sertifikat dengan jenis kertas lainnya bisa saja jauh berbeda. Ada yang bisa dicetak melalui printer biasa, juga ada yang membutuhkan mesin digital printing untuk bisa dicetak.

Kesan yang diberikan dari jenis kertas sertifikat yang berbeda pun juga akan berbeda. Ada yang terkesan menjadi sertifikat premium. Namun juga ada yang memiliki kesan sebagai sertifikat yang sederhana namun tetap bisa mewujudkan sebuah penghargaan.

Baca juga: Jenis Jenis Mug yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Kertas Sertifikat


Untuk Anda yang ingin mencetak sertifikat nanti, pasti Informasi apa saja jenis kertas sertifikat akan membantu. Anda akan lebih mudah dalam mempertimbangkan memilih jenis kertas yang mana.

Mengetahui apa saja jenisnya juga bisa menghemat waktu ketika mengunjungi jasa percetakan. Berikut adalah beberapa jenis kertas untuk kebutuhan sertifikat.

    1. Kertas Ivory

Jenis kertas pertama yang bisa digunakan untuk sertifikat adalah kertas ivory. Kertas ivory memang paling sering digunakan untuk cover buku atau box makanan.

Karena ketebalan dari kertas ivory, sudah cukup tebal untuk melindungi sesuatu yang ada di dalamnya, entah itu buku atau makanan. Wujud dari kertas ini adalah glossy pada satu bagian saja.

Beberapa juga menggunakannya untuk membuat brosur atau flyer. Kertas ivory hadir dalam berbagai berat sehingga ketebalannya berbeda-beda.

Kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak sertifikat. Pencetakan sertifikat menggunakan kertas ivory biasa dilakukan dengan mesin digital printing.

    2. Kertas Manila

Anda pasti sudah cukup sering menjumpai kertas manila. Kertas manila merupakan kertas yang memiliki tekstur kasar dengan banyak sekali varian warna.

Tidak sulit untuk menemukan jenis kertas ini di toko alat tulis. Kertas ini juga cukup tebal sehingga tetap akan cocok bila dijadikan kertas sertifikat.

Ditambah lagi membuat sertifikat menggunakan kertas manila adalah cara yang sangat mudah. Tidak diperlukan mesin khusus untuk melakukan pencetakan menggunakan kertas manila. Karena hanya dengan printer biasa saja kertas manila sudah bisa dicetak sedemikian rupa.

    3. Kertas Linen Jepang

Tidak sedikit yang lebih memilih kertas linen jepang untuk dijadikan kertas sertifikat. Karakteristik dari kertas ini adalah memiliki tekstur garis-garis yang mirip seperti bentuk pagar.

Sertifikat yang diwujudkan menggunakan jenis kertas ini akan terkesan lebih elegan. Selain untuk sertifikat, kertas jenis ini juga biasa digunakan untuk membuat kartu nama.

    4. Kertas Concorde

Selanjutnya ada kertas concorde yang juga memiliki tekstur kasar namun lebih halus daripada kertas linen Jepang. Kertas ini hadir dengan varian warna yang cukup banyak.

Cara mencetaknya cukup dengan printer biasa, tidak melulu harus menggunakan mesin cetak digital printing. Kertas concorde juga sering dipakai untuk kebutuhan prakarya.

    5. Kertas BW Carton

Kertas BW carton biasa digunakan perusahaan-perusahaan yang ingin membuat sertifikat. Alasannya adalah harganya yang cukup terjangkau dibanding jenis kertas lainnya.

Untuk mencetak sertifikat menggunakan jenis kertas ini dibutuhkan mesin cetak digital printing. Tekstur dari kertas ini adalah kasar sehingga kertas ini tidak bisa di laminasi.

Meskipun kertas ini hadir dengan berbagai varian warna, kertas Ini hanya diproduksi dengan satu masa saja. Anda hanya bisa menemukan kertas BW karton yang memiliki massa 250 gram saja.

    6. Kertas Art Carton

Terakhir ada kertas art carton yang juga bisa digunakan untuk membuat sertifikat. Hasil akhir dari sertifikat yang dicetak menggunakan kertas ini adalah glossy, karena sebelumnya telah dilaminasi.

Tampilan glossy yang diberikan pada kertas ivory adalah glossy yang memang dari sananya.
Tekstur dan tampilan glossy yang diberikan jenis kertas ini adalah hasil dari laminasi.

Kertas art carton tidak hanya digunakan untuk kebutuhan sertifikat saja, melainkan juga biasa digunakan untuk membuat kartu nama, cover buku, dan brosur.

Mulai dari jenis kertas sertifikat ivory hingga art carton, mana yang menurut Anda paling oke untuk membuat sertifikat? Antara satu orang dengan lainnya dan antara satu kebutuhan dengan lainnya pasti akan memilih jenis kertas yang berbeda. Karena memang jenis-jenis kertas untuk sertifikat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Comments