Cara Membuat Sablon Mug


Untuk membuat sablon mug sendiri tentu saja Anda membutuhkan informasi bagaimana cara melakukannya. Kalaupun Anda berencana untuk cetak sablon mug ini di jasa cetak, dengan mengerti caranya tentu saja akan menambah wawasan. 
Caranya sama sekali tidak sulit dan bahkan cenderung sangat sederhana. Kalaupun Anda nanti menilainya kurang sederhana maka pastilah itu disebabkan alat dan bahan yang dibutuhkan. 
Untuk membuat sablon mug memang peralatan yang dibutuhkan bukan sembarang peralatan. Sebelum memulai membahas bagaimana cara membuatnya, maka akan disebutkan terlebih dahulu apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan. 
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sablon mug antara lain mug yang akan disablon, desain sablon, aplikasi pembuat desain, gunting, kertas sublime, tinta sublime, printer, lakban anti panas, dan mesin heat press mug. 

Tahapan Membuat Sablon Mug

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sablon mug dari membuat desain sampai didapatkan mug dengan sablon yang telah dibuat.
  1. Membuat Desain Sablon

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan atau membuat desain sablon. Jika desain sudah dimiliki maka Anda hanya perlu menyiapkan nya saja di komputer atau laptop. 
Namun jika belum Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan aplikasi atau software. Anda bisa membuat desain secara instan atau non instan. 
Jika Anda menginginkan desain instan karena ingin segera membuat mug bersablon maka gunakan aplikasi yang tepat. 
Juga sudah ada banyak website desain yang memberikan Anda kemudahan dalam membuat desain. Namun jika belum, buatlah saja menggunakan aplikasi edit gambar seperti Corel DRAW misalnya. 
Ukuran desain yang umum pada mug biasanya sebesar 8 x 20 cm. Resolusi gambar yang paling bagus untuk skala mug adalah 30px/cm.
  1. Mencetak Desain Sablon

Untuk mencetak desain sablon Anda bisa menggunakan printer apapun. Hanya saja, tinta yang harus digunakan adalah tinta sublime. Jangan lupa juga untuk memasang kertas sublime pada printer tersebut, karena sablon akan dicetak di kertas ini. 
Ada satu hal yang benar-benar harus diingat ketika mencetak. Ubah pengaturan ketika mencetak atau print menjadi mirror image. 
Sebab jika pengaturan ini tidak dilakukan maka sablon yang akan dipasang ke mug nanti akan terlihat aneh. 
  1. Menempelkan Sablon Ke Mug

Setelah desain sudah ada atau jadi maka tahap selanjutnya adalah menempelkannya ke mug. Cara menempelkannya tidak sembarangan, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan. 
Terlebih dahulu potong cetakan desain tersebut sesuai dengan bentuknya. Hasil akhir dari langkah ini adalah kertas desain sablon sudah berbentuk sesuai dengan desain. 
Setelah dipotong maka tempelkan desain sablon tersebut ke bagian mug yang ingin diberi sablon. Setelah ditempelkan ke muka jangan lupa untuk ditutup menggunakan lakban anti panas. 
Anda juga bisa menggunakan stiker vinyl untuk menempelkan sablon tersebut ke mug nya. 
  1. Memasukkan Mug Ke Dalam Mesin Heat Press Mug

Kini sablon sudah menempel pada mug, namun penempelan ini sifatnya masih temporer atau belum permanen. Untuk membuat sablon ini menempel secara permanen, maka selanjutnya masukkan mug ke dalam mesin heat press mug. 
Ketika memasukkannya buatlah pengaturan untuk memanaskan mug tersebut dengan suhu 200 derajat celcius. Durasi pemasukan mug ke dalam mesin ini hanya 150 detik saja. 
Barulah kemudian setelah 150 detik lamanya, mug sudah boleh dikeluarkan dari mesin heat press mug. Dengan hati-hati lepaskanlah kertas yang menempel pada mug. Kini sablon tersebut sudah menempel secara permanen di permukaan mug. 
Anda sudah tahu bagaimana cara membuat sablon mug dan sudah bisa mengaplikasikannya sendiri. Alat dan bahan yang dibutuhkan memang sedikit kompleks. Hal ini pun sangat wajar, karena memang Anda akan membuat sebuah sablon.

Kemas Produk Mug Menggunakan Packaging yang Baik

Setelah mengikuti beberapa langkah di atas ada langkah lainnya yang bisa juga untuk dilakukan. Langkah lainnya tersebut adalah packing atau pengemasan. Bisa saja Anda membuat mug dengan sablon tersebut untuk orang lain atau untuk dijual lagi.
Untuk membuat tampilan yang lebih menarik dan bersahaja pengemasan akan dibutuhkan. Anda bisa mengemasnya dengan plastik transparan dan dihias, juga bisa mengemasnya menggunakan paper bag.

Comments