Jenis-Jenis Kertas ID Card yang Wajib Diketahui

Saat ingin mencetak ID card atau kartu nama Anda akan ditanya untuk memesan jenis ID card apa apa dan jenis kertas ID card yang apa. Meskipun jenis-jenis dari kartu nama sendiri berbeda, kertas pembuatnya pun juga berbeda.
Memastikan untuk menggunakan jenis kertas ID card apa sangatlah penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget.
Seperti yang Anda tahu kartu nama biasa dicetak menggunakan kertas tipis yang fleksibel sifatnya. Namun untuk kartu nama atau ID card sebuah keanggotaan biasa dicetak dengan kartu yang sifatnya tebal dan tidak fleksibel. Adapun wujud dari kertas untuk ID card keanggotaan mirip seperti kartu ATM.

Jenis-Jenis Kertas ID Card

Supaya Anda paham apa saja pilihan kertas ID card yang tersedia dan Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, maka simak beberapa jenis kertas ID card berikut.
1. Kertas Translucent
Kertas translucent adalah kertas yang tembus pandang atau biasa disebut sebagai kertas transparan. Sifat dari kertas ini adalah kaku dan tidak fleksibel, namun permukaannya transparan.
Kertas ini cocok untuk mereka yang membutuhkan ID card berupa kartu keanggotaan yang memiliki desain transparan.
Jika dinilai tampilannya, maka kertas jenis ini akan memberikan kesan elegan pada ID card yang dicetak.
Kartu ini juga jelas berbeda dengan jenis kartu untuk ID card lainnya, sebab jenis yang lain tidak ada yang sifatnya tembus pandang.
2. Kertas Kartu Nama Standar
Jenis kertas selanjutnya yang digunakan untuk ID card adalah kertas kartu nama standar. Jenis kertas ini banyak dipilih karena harganya yang sangat terjangkau, namun tetap bisa memberikan kualitas ID card yang baik.
Cetakan warnanya bisa-bisa saja dibuat tajam, sifatnya fleksibel, dan tidak kaku, begitulah karakteristik jenis kertas ini.
Setelah dicetak, kertas ini akan dilaminasi dengan laminasi glossy, silver, foil gold, atau doff sesuai dengan keinginan pelanggan.
Untuk ukuran, ID card yang dibuat dengan jenis kertas ini biasa dihadirkan dengan ukuran 9,5,5 cm, merupakan ukuran standar untuk ID card.
Karena kertas ini cukup tipis, fleksibel, dan juga bisa dikatakan mudah sobek, ID card berupa kartu keanggotaan tidak akan cocok menggunakan jenis kertas ini.
Apalagi untuk kebutuhan kartu keanggotaan aktivitas outdoor, jenis kertas ini tak mendukung ketahanan tinggi. Namun biasanya mereka yang tetap memilih jenis kertas ini akan mengakalinya dengan laminating tambahan.
3. Kertas Glossy Photo Paper
Karakteristiknya memang sama seperti namanya, kertas untuk ID card ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kertas foto.
Hasil akhirnya nanti adalah glossy dan mengkilap ketika ada cahaya, namun tetap ada perbedaannya dengan kertas kartu nama standar yang diberi laminasi glossy.
Kartu nama dengan kertas glossy photo paper dan kertas kartu nama standar yang dilapisi laminasi glossy memang memiliki tampilan akhir yang sama.
Namun hanya tampilan saja, jika diraba keduanya akan berbeda. Kertas glossy photo paper sifatnya sedikit lebih tebal dibanding jenis lainnya.
Satu hal lagi, jenis kertas untuk ID card ini hanya bisa memiliki tampilan glossy. Tak seperti jenis sebelumnya yang bisa memiliki tampilan akhir doff.
4. Kertas Brief Card
Ketika meraba permukaan jenis kertas ini mungkin Anda akan menilai kertas ini adalah kertas yang sama yang biasa dipakai untuk undangan.
Memang benar adanya, kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak undangan.
Karakteristik dari kertas ini adalah memiliki tekstur yang lembut dan halus ketika diraba. Perbedaannya dengan kartu nama standar adalah jika kertas kartu nama standar hasil akhirnya berupa laminasi, pada kertas brief card tidak akan ada laminasi apapun.
Meski tidak ada laminasinya, kertas ini tetap bisa terjamin keawetannya. Terkadang ada juga kertas brief card yang memiliki tekstur seperti halnya pada wallpaper dinding.
Beberapa jenis kertas ID card yang telah disebutkan di atas memiliki karakteristik masing-masing. Untuk Anda yang menginginkan ID card dengan budget minim bisa memilih kertas kartu nama standar.
Namun untuk Anda yang mengutamakan keeleganan bisa memilih kertas brief card atau jenis lainnya.
Ingin mencetak ID Card dengan harga murah di Makassar? Kunjungi workshop kami percetakan-makassar.com di Jl. Sultan Alauddin No.70 Kel. Pabaeng-baeng, Kec. Tamalate (Depan Gedung Juang 45), Makassar. 

Comments